Blog

Dari Sales Menjadi Bos Sales

Salah satu langkah mudah bagi karyawan yang ingin membangun usaha sendiri adalah : manfaatkan pengalaman dan keahlian Anda selama sebagai karyawan untuk kepentingan usaha Anda sendiri.

Misalkan, Anda yang selama ini bekerja sebagai sales produk, tentu memiliki ilmu dan pengalaman tentang cara menjual dan menyalurkan produk yang anda jual tersebut ke banyak pelanggan, yang tersebar di banyak tempat.

Cukup dengan pengalaman ini saja sudah mampu memberikan Anda MODAL untuk memulai membangun usaha sendiri. Dengan cara : membuka perusahaan distributor untuk produk yang telah Anda kuasai pemasaran dan penyebarannya.

Ok…modal pengalaman, teknik dan cara kerja seputar dunia sales dan distribusi sudah Anda miliki. Modal gudang tidak ada? Kenapa tidak Anda gunakan sementara waktu rumah Anda sebagai gudang untuk menyimpan produk yang akan Anda sebarkan tadi?

Modal untuk membeli produk yang akan dijualkan? Kenapa Anda tidak mencari produk seperti Terasi Udang Bonanza, yang sudah Anda kuasai penjualannya dan Anda memang yakin akan meraup untung jika menjualkan Produk Bonanza di wilayah kekuasaan pemasaran Anda? Anda kontak pabriknya dan lakukan perjanjian kerjasama. Anda gadaikan nama baik Anda. Anda bisa tawarkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat, koperasi atau lembaga lainnya yang bisa menjamin dan menggaransi pembayaran dagangan Anda.

Oke..Saya kasih gambaran kasar bisnisnya….

Misalkan posisi Anda saat ini di Sumedang …Anda seorang sales motoris yang bermimpi memiliki usaha sendiri…dan Anda tergerak untuk menjualkan produk Terasi Udang Bonanza yang dibutuhkan dan digunakan setiap hari oleh ibu-ibu di rumah…

Modal materi yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda ini :
1. Biaya kirim barang dari Pabrik di Cirebon ke Tempat Anda di Sumedang = Rp. 1.000.000
(Kirim menggunakan truk engkel muat 4000 dus Terasi Udang Bonanza)
2. Gaji sales untuk 3 orang @Rp. 1.500.000,-/bulan = Rp. 4.500.000,-/bulan
3. Sewa rumah khusus gudang+kantor = Rp. 10.000.000,-/tahun atau Rp. 833.333,-/bulan (ini jika Anda mau punya gudang sendiri, jika tidak tentu Anda akan lebih berhemat lagi)…

Dan semua biaya tadi Anda breakdown untuk per bulan, sehingga biaya bulanan yang harus Anda keluarkan adalah = Rp. 5.416.666,-/bulan (asumsi sewa gudang sendiri dengan karyawan 3 orang)

Misalkan Anda beli produk Terasi Udang Bonanza dari pabriknya di Cirebon seharga Rp. 44.000,-/dus atau Rp. 2.750,-/pack dan Anda jual di wilayah pemasaran Anda seharga Rp. 56.000,-/dus atau Rp. 3.500,-/pack. Anda memiliki margin keuntungan kotor Rp. 12.000,-/dus.

Maka, untuk menutupi biaya operasional bulanan usaha Anda ini, Anda memiliki target penjualan minimal 300 dus terjual setiap bulannya. Bila ternyata Anda dan karyawan Anda mampu menjual 400 dus, maka keuntungan Rp. 1.200.000,- (dari 100 dus x Rp. 12.000,-/dus) ini menjadi keuntungan Anda. Saat Anda breakdown target penjualan Anda per minggunya, maka target penjualan per minggu Anda dan 3 orang karyawan Anda HANYA 100 dus/minggu (400 dus/bulan). Tentu target penjualan dan penyebaran 100 dus/minggu oleh 4 orang (Anda dan 3 orang karyawan Anda) bukanlah hal yang sulit bukan? Terlebih Anda sudah memiliki modal ilmu dan pengalaman di dunia ini.

Lantas, kenapa belum bergerak juga untuk membangun mimpi Anda sebagai pengusaha? Modal tak selalu tentang uang…

N.B : Bagi Anda yang pernah/sedang menjadi sales motoris/kanvas/TO/MD, dll dan berminat punya bisnis sendiri di bidang distributor, Terasi Udang Bonanza membuka kesempatan bekerjasama membangun usaha distributor. Yang minat silahkan hubungi kami

N.BB : Dan BONUS bagi Anda yang sedang mencari produk sembako lainnya untuk melengkapi dagangan yang Anda jual, Kami sudah siapkan grup khusus bagi rekan distributor kami di grup FB Distributor Sembako Indonesia.

Silahkan klik linknya DistributorSembakoIndonesia

WhatsApp chat